Bermain dengan siswa Paud, TK dan SD Semai Jepara

Diakhir tahun 2016 Komunitas Rumah Kartini Japara diundang untuk ikut serta di acara gathering yang diadakan oleh Sekolah Semai Jepara dengan guru-guru muda yang sabar ini melakukan pendidikan kesehatan serta pengelolaan lingkungan yang berbasis 4 R (reduce-repair-reuse-recycle). Menyelenggarakan pembelajaran partisipatif yang mengutamakan pada proses pengembangan kecerdasan majemuk anak untuk mengoptimalkan kreatifitas dan kemandirian. Menumbuh kembangkan nilai religius, jiwa nasionalisme, kepekaan sosial dan apresiasi seni budaya pada anak melalui berbagai kegiatan intra dan ekstra sekolah, dalam acara ini bertepatan dengan penerimaan raport dari Paud,TK sampe SD yang diadakan di taman kota (GOR Gelora Bumi Kartini Jepara).

Kegiatan ini lumayan menguras idea, soalnya kegiatan yang sering dilakukan oleh Komunitas Rumah kartini Japara selama 8 Tahun ini biasanya Pameran Seni dan Sejarah, mengkuratori, Presentasi di acara Heritage dan edukasi sejarah terutama Kartini dan Japara lebih luasnya dengan audience dewasa sampai penelitian, akan tetapi kegiatan ini pesertanya adalah adik adik yang masih suka bermain dan sakkarepe dewe, ini hal baru dalam kegiatan rumah Kartini, ehm kamipun ikut pendekatan dengan bermain-main dengan anak Paud,TK dulu dan melihat sifat atau kesukaan adik-adik saat ini. Dari hal itulah tercetus idea untuk mengenalkan secara visual dari data foto sejarah yang kami respon menjadi mainan puzzle yang berwajah mbah Kartini dan saudaranya yang dibantu oleh kartiniCrafts untuk pengerjaanya yang rapi dan bagus juga beberapa game untuk menempelkan icon-icon di foto sejarah yang kami display.

 bermain-game-sejarah-rumah-kartini-japara-bersama-sd-semai-jepara

bermain-sejarah-seni-rumah-kartini-japara-bersama-sd-semai-jepara

edukasi-seni-sejarah-rumah-kartini-japara-bersama-sd-semai-jepara

mengenalkan-sejarah-rumah-kartini-japara-bersama-sd-semai-jepara

Alhamdulillah dari idea-idea diatas bisa mengajak bermain dan berkomunikasi dengan siswa dari sekolah Semai yang sangat antusias untuk tanya jawab tentang tokoh pahlawan wanita yag dari Jepara ini. Ternyata bukan hanya anak-anak saja akan tetapi walimurid pun yang ikut mengantar anaknya pun diskusi dengan Rumah Kartini perihal sejarah Seni Japara. Terimakasih kepada sekolah Semai Jepara yang sudah melibatkan Komunitas Rumah Kartini dalam acara ini untuk bisa bermain dan mengenalkan sejarah,seni Kepada siswanya, semoga bisa bermanfaat dan bisa meneruskan cita-cita kartini untuk Japara dan Indonesia lebih luasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *