0 di keranjang

No products in the cart.

DIMANA MUSEUM UKIR JAPARA?

MURAL II – AKHIR DESEMBER 2008 – DI MANA MUSEUM UKIR JAPARA?

Kegiatan ke dua tentang kesenian Mural untuk menyampaikan kritik terhadap masyarakat atau khususnya lagi pemerintah daerah Jepara. Bagaimana tidak? Apa yang kami lihat dan sering disebut sebagai “Kota Ukir” adalah sebutan Japara, selain “Jepara Bumi Kartini”.Apa begitu kurangnya perhatian tentang seni ukir di Japara atau tidak ada bukti outentik, dan apa mungkin kita yang menutup mata melihat mutiara yang sudah diturunkan oleh leluhur Japara. Namun mengapa kita tidak melihat satupun museum yang berbicara tentang kesenian ukir di bumi Japara ini, sementara peninggalan seni ukir di masjid Mantingan berasal dari tahun 1559 M?

Kegelisahan Pertanyaan itulah yang selalu menghampiri kami di Rumah Kartini dan kami komunikasikan lewa pean visual kepada masyarakat umum dengan mural kedua Rumah Kartini di SCJ di penghujung 2008. Visual yang ditampilkan adalah seorang pemuda memegang kepalanya, pusing memikirkan seni ukir yang tergerus gaya minimalis. Hiasan kayu dan perkakas ukir dan meubel juga dimunculkan dalam mural ini.

Pertanyaan “Di mana museum ukir Japara?” yang tertera ditujukan kepada pemerintah daerah dan masyarakat. Semoga karya seni ini dapat menyadarkan pemerintah daerah Japara akan betapa pentingnya museum ukir bagi generasi muda Japara kini dan nanti.

%d blogger menyukai ini: