0 di keranjang

No products in the cart.

FAQ

FAQ

Pertanyaan yang sering dipertanyakan

Logo-Rumah-Kartini-Hitam-Japara
  • Rumah kartini adalah komunitas yang didirikan pada tahun 2008, dari berbagai latar belakang pendidikan yang mempunyai pemikiran dan semangat untuk ikut berkonstribusi mengumpulkan, mempelajari data-data sejarah yang berhubungan dengan seni, budaya dan pusaka Japara.

Mengawali kegiatan dengan membuat karya-karya pesan visual lewat media mural yang berisi tentang kondisi sosial, sejarah dikemas pada karya seni, observasi atau riset untuk mengumpulkan data-data outentik maupun folklore di Japara.

Rumah Kartini mengawali mengumpulkan data tentang mbah Kartini, salah satu pahlawan nasional indonesia yang saat itu masyarakat Japara sangat minim mengetahui tentang sejarah Kartini. Dengan berkembangnya waktu Rumah Kartini pun mencoba mengumpullkan data yang berupa foto, manuskrip dari gunung muria (saat itu masih wilayah Japara) hingga ke kepulauan Karimunjawa.

Selain riset, mengumpulkan dan mempelajari sejarah Japara, kami pun berbagi informasi secara online dan offline yang banyak dimanfaatkan oleh penelitian akademisi juga masyarakat umum. Sehingga data tersebut menambah pengetahuan dan menimbulkan pengenalan tentang Japara.

Beberapa projek/ kegiatan yang sudah kami lakukan adalah, Seminar Nasional, Pameran karya Seni Rupa, Pameran Foto Sejarah, Tour Heritage, Pembicara (Narasumber), Reproduksi Karya Seni Kartini dan Japara, Advisor film Kartini (karya Hanung 2017) dan saat ini baru proses pembuatan buku tentang Kartini dan Japara.

Beberapa pemuda yang mempunyai semangat untuk bergandengan tangan untuk mengumpulkan serpihan serpihan yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan rasa nasionalisme. Beberapa penasehat yang memimbing kami adalah seniman , tokoh agama dan keturunan keluarga Sosroningrat (Ayah Kartini).

Sumber dana kami untuk Research, membuat kegiatan tentang sejarah, seni, budaya Japara mulai tahun 2008 sering menggunakan dana pribadi maupun iuran bersama. Selain itu beberapa kegiatan kami selenggarakan bekerjasama antara lembaga kebudayaan, seniman dan juga membuat beberapa industri kreatif dengan konsep karakteristik Japara yang kita jual untuk membantu kegiatan, juga dibantu beberapa Donatur dari Indonesia dan Luar Negeri.

KERJASAMA

Program yang pernah kami lakukan adalah berhubungan dengan sejarah dan seni tentang Kartini dan Japara.

Diantaranya :
1. Pameran Seni Rupa.
2. Penelitian.
3. Seminar.
4. Reproduksi Karya