0 di keranjang

No products in the cart.

MURAL BEBARENGAN

Pemilik Toko Aneka di bilangan Pecinan, berkunjung ke Rumah Kartini dan memberi tahu kami bahwa di daerah Pecinan ada tempat untuk bermural. Selama dua minggu rekan-rekan Rumah Kartini menyiapkan semua peralatan seperti cat dan kuas sebelum menskets dinding yang menjadi media berkesenian. Cat hitam dan putih digunakan karena itulah ciri khas mural Rumah Kartini. Hitam putih juga melambangkan perkataan R.A. Kartini ‘door duisternis tot licht’ (yang diterjemahkan Armijn Pane menjadi ‘habis gelap terbitlah terang’, tapi sebenarnya lebih tepat ‘menelusuri gelap sampai kepada terang’).

Konsep mural kali ini mengambil tema “BEBARENGAN”. Dalam mural yang dikerjakan selama empat hari ini digambarkan hal-hal di Japara seperti dengan berbagai ikon antara lain bentuk ombak yang distilasi dengan ukiran dan terdapat beraneka hewan laut, pada bagian samping terlihat alat ganden (alat bantu mengukir), tangan yang membawa canting dan sosok perempuan muda dengan mulut diplester sebagai ilustrasi perempuan Japara yang berdiam diri. Pada bagian atas terdapat siluet mbah kartini dengan frame ukiran dan dihiasi arsiran bunga yang detail dan dibawahnya bertuliskan Rumah Kartini. Dengan mural ini, Rumah Kartini ingin menyampaikan kebersamaan tentang masyarakat Japara untuk melestarikan dan mengenalkan seni dan budaya nya di yang berada di pesisir Jawa.

Kegiatan seni mural Rumah Kartini Japara

Mural ini dikerjakan dari sore sampai malam hari dengan dibantu lampu penerangan dan tangga 3 Meter untuk mempermudah kami saat berkarya. Dalam pembuatan mural ini selain iuran bersama, juga dibantu oleh beberapa teman grisyuter yang juga ikut menonton kami saat berkarya.

 

%d blogger menyukai ini: