0 di keranjang

No products in the cart.

Mural Rumah Kartini Berotaklah

MURAL I – 21 APRIL 2008 – BEROTAKLAH!

Projek ini adalah langkah awal Rumah Kartini Japara untuk berbuat sesuatu di Japara, yang saat itu beberapa kawan masih bersibuk dengan kegiatan kuliah di Jogja, Semarang dan masih juga yang duduk di SMA japara. dalam pembuatan karya mural ini kami harus mengatur waktu untuk bisa berkarya bareng di Japara, proses pertama yang kami lakukan adalah meminta ijin untuk bisa berkarya di tembok yang saat itu kotor penuh dengan tumpukan poster iklan. Mural pertama yang dibuat Rumah Kartini mengambil tempat di area SCJ (Shopping Centre Jepara). Sebuah tembok di tengah-tengah kota Japara yang penuh dengan sampah visual yang dibersihkan kurang lebih 2 hari oleh kawan-kawan Rumah Kartini untuk dijadikan tempat berkarya. setelah bersih kami mengecatnya dengan warna putih beberapa kali untuk bisa bersih.

Tema mural pertama Rumah Kartini ini memilih tema ‘BEROTAKLAH!’ yang memperlihatkan dua sisi dengan beberapa kabel besar yang terlihat rumit dan visual cerobong-cerobong asap industri yang mengatasnamakan modernitas yang telah memasuki Japara tapi lupa akan efek sampingnya terhadap kondisi alam maupun masyarakat Japara. dan sebelahnya terdapat beberapa ikon tentang pendidikan yang sudah dirintis oleh keluarga Tjondronegoro dengan keturunan Sosroningrat yang mempunyai anak dengan kecerdasannya dan perjuangannya yang kami gambar dengan siluet R.A. Kartini yang kami hiasi relung ukiran khas Japara untuk menjadi centre of interest dengan pemilihan bahan cat minyak berwarna hitam dan putih yang bisa didevinisikan oleh waktu.

kegiatan Seni mural Rumah Kartini Japara

 

Pembuatan mural pertama ini didanai iuran bersama antar anggota Rumah Kartini guna memperindah kota dan mengomunikasikan apa yang terjadi di Japara saat itu.

%d blogger menyukai ini: