0 di keranjang

No products in the cart.

Nasib Keramik Mayong Japara

Industri Kreatif Japara, dalam tulisan ini kami akan membahas sedikit untuk menelusuri daerah kecamatan mayong Japara yang dikenal sebagai tempat lahirnya mbah kartini dan juga mempunyai kerajinan tangan yang terkenal dengan keramiknya yang sudah turun temurun.

Kerajinan di Indonesia sangat banyak jenisnya dan sebutan kriya yang sering dibuat pedoman pada perkuliahan, Definisi Keramik berasal dari bahasa Yunani Keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran.

Perkembangan Industri Kreatif yang di didukung oleh pemerintah Indonesia mengatakan untuk dukungan penuh pada pengembangan ekonomi kreatif, karena inilah kekuatan asli bangsa Indonesia. Tapi apa yang kami lihat di kabupaten Japara saat ini dari perjuangan yang sudah dikenalkan leluhur dan salah satunya Kartini untuk mengenalkan kerajinan Japara.

Kami melihat di benteng-benteng di kabupaten Japara yang berbatasan dengan kota Kudus ini sudah mulai menjamur dengan pabrik pabrik yang sangat besar dengan berbagai usaha dengan investor dari luar kota/Negeri. Kami tidak tahu apa yang dipikirkan oleh pemerintah daerah yang sudah merubah kiblat kota japara yang dulu penuh dengan kerajinan seni antara lain Seni Kriya kayu, Logam, textil dan Keramik dll, dan apa yang akan terjadi pada 10 Tahun akan datang??

industri-kerajinan Celengan-Cetakan-keramik-Mayong-Jepara,-Rumah-kartini

industri-kerajinan-Cetakan-keramik-Mayong-Jepara,-Rumah-kartini

industri-kerajinan-keramik-Mayong-Jepara,-Rumah-kartini

Kami mencoba menganalisa dari datangnya pabrik pabrik besar yang saat ini sudah datang dan mungkin akan terjadi lebih besar lagi di kabupaten japara. Beberapa pelaku industri kreatif sudah sangat sedikit bergelut pada kerajinan keramik ini. Beberapa Seniman Keramik yang masih kuat dengan pekerjanya dari lingkungan keluarga saja.

Dari masalah-masalah yang dilihat sebelah mata bisa menjadi pergantian pada semua element industri kreatif Japara. Semoga inovasi dan kekuatan industri kreatif ini bisa dilindungi dan dikembangkan oleh pemerintah Indonesia.

%d blogger menyukai ini: