0 di keranjang

No products in the cart.

Pameran Seni Rupa

Kegiatan bersama dengan teman-teman personil Rumah Kartini Japara yang notabennya menyukai tentang seni. Seni rupa adalah keindahan. Jika merujuk pada The Liang Gie, keindahan adalah Beauty yang merupakan turunan dari kata Bellum, akar kata dari Bonum yang berarti kebaikan. Apa yang disebut keindahan di sini, menurut Michael Angelo, adalah penyingkiran dari hal-hal yang berlebihan. Kesimpulan yang dapat diambil: seni rupa adalah keindahan yang menyingkirkan hal ihwal kehidupan yang berlebihan.

poster pameran seni rupa Rumah Kartini Japara Indonesia

Seni rupa menjadi penting karena tujuan dari seni adalah hidup itu sendiri. Melalui seni rupa, ada dorongan untuk hidup dan lebih etis. Karena seni rupa mengantar kehidupan (manusia) menuju arah kebesaran ke kebesaran yang lebih tinggi.

Rumah Kartini memiliki tekad menerapkan norma-norma kehidupan masyarakat melalui keindahan seni rupa, serta memperkenalkan seni rupa yang membawa kehidupan ke arah keagungan hidup. Dengan bermaksud menampilkan seni rupa sebagai karya seni melalui media yang dapat dilihat mata dan dapat dirasakan dengan rabaan, Rumah Kartini mengadakan “Pameran Seni Rupa Rumah Kartini #01 Jepara Arts and Cultures” yang berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tanggal 21-23 April 2012.
Karya yang diperlihatkan untuk pameran pertama ini lebih banyak mengenalkan illustrasi hitam putih dan beberapa lukisan dan instalasi patung tentang kondisi di Japara.

Pada kali pertama pameran diisi dengan pemberian ceramah kesenian oleh Bapak Chody dari Chody Art Gallery dan Bu Inge Widjajanti dari Widya Mitra di pagi hari hingga siang, dan jelang sore hingga malam diisi dengan acara musik oleh: Brain Beverage, Buto Wahing, Kucing Disko (Solo), Kopi Ireng, Rasta Sky, TrueXFalse, Nothink 16, Cupu Cupu, dan Della Vega.

Instalasi Pameran Seni Rumah Kartini Jepara

Pengunjung Pameran Seni Rumah Kartini Japara

Instalasi karya Pameran Seni Rumah Kartini Jepara
Pada hari kedua, Workshop tentang Ilustrasi dan Desain yang diisi oleh Apeep Qimo (Rumah Kartini) dan Debronzes dari Debronzes Art Semarang.

Pada pungkasan acara diisi dengan akustikan serta Tatto Extrem dengan artist Hendro dan team dengan artwork siluet mbah Kartini.

Pengunjung Pameran Seni Rupa Rumah Kartini Jepara

 

Pameran Seni Rupa Rumah Kartini dan Musik Jepara

%d blogger menyukai ini: