0 di keranjang

No products in the cart.

Pantai Bandengan atau Klein Scheveningen

Japara banyak pantai yang menarik lho. Dan kali ini kita mau bahas sedikit tentang Pantai Bandengan yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Japara. Tentunya kita yang tinggal di Japara atau kota sekitarnya sudah tidak asing lagi kan dengan Pantai Bandengan, mungkin sekedar pernah dengar atau malah sudah beberapa kali berkunjung ke sini. Pantai dengan pasir putih yang cukup luas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kita juga dapat menikmati indahnyasunsetdansunrisedi pantai ini. Sambil pesen minum juga ada kok. Tapi minumnya nunggu buka ya…

Beragam fasilitas ditawarkan disini, terdapat jet ski, banana boat, dan kendaraan ATV yang disewakan bagi pengunjung. Apabila anda jauh – jauh dari luar kota berkunjung kesini tenang saja, ada beberapa penginapan yang dekat dengan pantai Bandengan. Selain asiknya main di Pantai Bandengan, kalian juga tahu nggak seperti apa sejarahnya? Mungkin sebagian dari kita belum banyak yang tahu bahwa nama sebenarnya dari pantai ini adalah Tirto Samudro. Sedangkan nama yang kita kenal selama ini berasal dari nama desa Bandengan sesuai lokasi pantai ini berada.

Sebenarnya cukup banyak sejarah yang dapat diangkat dari pantai Bandengan, namun pada kesempatan kali ini RumahKartini akan kilas balik keterkaitan pantai Bandengan dengan R.A Kartini.

Kartini seringkali menghabiskan masa kecilnya di pantai ini, letak pantai yang tidak jauh dari pusat kota Japara membuatnya menjadi pilihan bagi Kartini untuk melepas penat. Selain Pantai Bandengan sebenarnya Kartini juga sering berjalan-jalan di Pantai Kartini, ya mungkin kisah ini akan kita bahas lain kali.

Klein Scheveningen

Bersama Ny Marie Ovink Soer, Kartini beserta kedua saudarinya sering diajak untuk bermain di pantai ini saat liburan. Lalu, Ny Marie pun menceritakan kepada Kartini tentang sebuah pantai di Belanda yang sangat indah, pantai itu bernama Scheveningen. Kartini kagum mendengar cerita tersebut lalu mencetuskan sebuah nama berbahasa Belanda untuk pantai Bandengan yaitu Klein Scheveningen.

Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia Klein berarti Kecil dan Scheveningen adalah nama sebuah pantai di Belanda. Sehingga Klein Scheveningen sendiri memiliki artiScheveningen Kecil,yang dimaksud Kartini adalah versi kecil dari Scheveningen.

Kartini belum pernah sekalipun melihat langsung pantai Scheveningen, bahkan belum pernah menginjakkan kaki di Belanda. Kartini membayangkan dalam benaknya Scheveningen sebuah pantai yang luar biasa indah dengan panorama Eropa yang mengagumkan.

Scheveningen tak seindah dongeng

Kami sempat membahas ini bersama rekan kami Daniel Tangkilisan yang sempat berkunjung ke Scheveningen. Faktanya Scheveningen tidak seindah yang ada di benak Kartini, “Seperti kebanyakan pantai di Eropa (Barat), pantai Scheveningen tidak punya pepohonan sama sekali, tapi ada mall besar. Pas musim dingin suhu udara sekitar nol derajat, mungkin dibawahnya.”, kata Daniel. “Oya! Musim panas pun, suhu air sedingin air kulkas” imbuhnya.

Sangat kontras dengan bentang alam di Pantai Bandengan bukan? Bandengan dengan rimbun pepohonan disekitarnya, berpasir putih, dan kita bisa menikmati bermain air kapanpun tanpa takut kedinginan.

Sangat berbeda dengan yang ada di benak Kartini. Ternyata Scheveningen Kecil jauh lebih indah daripada Scheveningen asli yang di Belanda. Kita patut berbangga punya keindahan pantai yang sangat menawan ini, sekarang yang perlu kita lakukan yaitu menjaganya agar tetap bersih dan nyaman bagi wisatawan.

%d blogger menyukai ini: